Mesir bangkit dua kali untuk hasil imbang Ghana setelah pukulan cedera Salah

Mesir bangkit dua kali untuk hasil imbang Ghana setelah pukulan cedera Salah

 

Sportsnews.id - Mesir dua kali bangkit dari ketinggalan untuk mendapatkan hasil imbang 2-2 dengan Ghana di Piala Afrika pada hari Kamis setelah kehilangan kapten Mohamed Salah karena cedera di babak pertama.

Mohammed Kudus mencetak kedua gol untuk Ghana, mencetak gol pembuka dari jarak 20 meter segera setelah Salah keluar lapangan dalam pertandingan Grup B di Stadion Felix Houphouet Boigny.

Omar Marmoush memanfaatkan kesalahannya untuk menyamakan kedudukan bagi Mesir di pertengahan babak kedua, namun Kudus langsung mencetak gol lagi untuk mengembalikan keunggulan Ghana.

The Black Stars menyesali kesalahan lainnya ketika Mostafa Mohamed menyamakan kedudukan pada menit ke-74, meninggalkan Ghana hanya dengan satu poin dari dua pertandingan.

Mesir hanya unggul satu poin setelah bermain imbang berturut-turut, namun kekhawatiran utama mereka adalah kesehatan Salah -- yang penalti di menit-menit akhir membuat hasil imbang 2-2 dengan Mozambik.

Ghana kini hanya memenangkan satu dari 11 pertandingan AFCON terakhir mereka. Mereka dikejutkan 2-1 pada pertandingan pertama mereka di Cape Verde, negara terkecil di turnamen yang dapat mengamankan tempat di babak 16 besar dan memuncaki grup dengan kemenangan atas Mozambik pada hari Jumat.

Chris Hughton melakukan tiga perubahan pada timnya di Ghana saat ia memanggil kembali penyerang Kudus dan penyerang kelahiran Spanyol Inaki Williams, mengetahui bahwa kekalahan lainnya akan membuat mereka tersingkir di putaran pertama untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Empat pertemuan AFCON terakhir antara kedua negara hanya menghasilkan lima gol, sebuah tren yang tampaknya akan berlanjut di babak pertama yang tenang di mana tembakan Emam Ashour pada menit ke-43 menjadi yang pertama tepat sasaran.

Salah berbunyi

Bberapa saat kemudian Mesir kehilangan andalan mereka Salah dan kemudian segera tertinggal.

Penyerang Liverpool itu terjatuh ke rumput saat Ghana melakukan serangan balik, memegangi bagian belakang kaki kirinya dan pasrah pada kenyataan bahwa malamnya setidaknya telah berakhir.

Ketika Mesir masih belum pulih dari kehilangan Salah, pemain kunci Ghana, Kudus, menjadi pusat perhatian, mengalihkan bola dari beberapa pemain bertahan dan melepaskan tendangan kaki kiri ke sudut dekat.

Gelandang serang West Ham ini absen dalam kekalahan di Cape Verde karena cedera, namun di sini ia menunjukkan betapa pentingnya ia dalam memudarnya harapan Black Stars untuk meraih gelar AFCON kelima -- 42 tahun setelah mereka terakhir kali memenangkan trofi tersebut.

Kudus melakukan tendangan voli ke tanah dan hanya melewati mistar gawang sebelum Ahmed Hegazi, yang mengambil alih ban kapten dari Salah, golnya dianulir karena offside di awal babak kedua.

Marmoush memaksa Richard Ofori untuk melakukan tendangan tajam, namun Mesir memanfaatkan ketertinggalan Ghana untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-69.

Williams melakukan backpass yang keliru yang diterkam oleh Marmoush, yang dengan gugup mengitari Ofori dan mencetak gol.

Kudus kembali membawa Ghana unggul dua menit berselang setelah menerima umpan Denis Odoi di kotak penalti, sepakannya melirik Mohamed Abdelmonem dan memperdaya kiper Mesir Mohamed El Shenawy.

Ghana sekali lagi menjadi penyebab kejatuhan mereka sendiri.

Pemain pengganti Osman Bukari menguasai bola di kotaknya sendiri, memungkinkan Mahmoud Trezequet untuk menggigit dan menarik bola kembali agar Mohamed mengarahkannya di antara kaki Ofori.

Ashour nyaris meraih kemenangan di akhir pertandingan namun tendangan melengkungnya ditahan dengan baik oleh Ofori, menyelamatkan Ghana dari kekalahan lagi dan membuat mereka tetap bersaing untuk fase sistem gugur.

Lebih baru Lebih lama