Kalahkan Man City lewat Adu Penalti, Arsenal Juara Community Shield 2023

Kalahkan Man City lewat Adu Penalti, Arsenal Juara Community Shield 2023

 

Sportsnews.id - Arsenal meraih trofi Community Shield pada 2023. Setelah bermain imbang 1-1 di waktu reguler, The Gunners mengalahkan Manchester City melalui adu penalti.

Pada laga yang dimainkan pada Minggu malam (8 Juni 2023) WIB di Stadion Wembley itu, City mendominasi permainan sejak menit pertama dengan penguasaan bola 80 persen.

Namun, City kesulitan menembus pertahanan Arsenal. Absennya Kevin De Bruyne membuat suplai bola lini serang City mandek, membuat Erling Haaland kesulitan menciptakan peluang.

City memiliki peluang pertama mereka di menit ke-15 ketika Rodri menembak dari luar kotak penalti, tetapi melebar.

Arsenal membalas pada menit ke-25 ketika Kai Havertz nyaris mencetak gol seandainya Stefan Ortega gagal menyelamatkan tembakan pemain Jerman itu dari jarak dekat. Gabriel Martinelli yang mencoba melakukan lemparan ke dalam bola gagal karena diblok oleh bek.

rsenal terus mendominasi permainan dan terus menekan pertahanan City dengan serangan dari kanan yang didominasi Saka. Saka beberapa kali mampu mengatasi blok Manuel Akanji di sisi kiri.

Pada menit ke-40 mereka mendapat kesempatan lagi untuk mencetak gol. Kali ini Saka menusuk dari sisi kiri pertahanan City sebelum mengeksekusi umpan yang disambut tembakan Haverzt, namun Ortega mampu menangkis.

Skor bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, City terus mendominasi penguasaan bola dan mencoba menekan Arsenal sejak awal. Pada menit ke-52 Julian Alvarez bertemu John Stones di area penalti dan bola disundul oleh Ramsdale.

Laga berlangsung selama 60 menit, City mendatangkan Kevin De Bruyne dan Colin Palmer untuk menyegarkan permainan mereka. Haaland yang tidak efektif ditarik keluar bersama Mateo Kovacic dan Jack Grealish.

Kebuntuan pun pecah pada menit ke-77 saat City mencetak gol melalui Palmer. Serangan balik Foden mengirim bola ke depan kotak tetapi Kieran Tierney tidak bisa menghalaunya dengan baik.

Bola jatuh di kaki De Bruyne yang langsung mengopernya ke Palmer di sisi kanan kotak penalti. Pemain muda City itu menembakkan kaki kirinya ke tiang jauh gawang Ramsdale.

City nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-82 jika sundulan Rodri tidak diblok oleh Ramsdale.

City tampak menjadi pemenang bahkan sebelum Arsenal bisa menyamakan kedudukan di menit ke-101! Setelah sepak pojok, pertahanan City tidak bisa membuang bola dan jatuh di kaki Saka, yang mengopernya ke Leandro Trossard.

Trossard meninju seorang pemain sebelum tembakan, menyebabkan bola membentur Manuel Akanji dan mengubah arah, mengelabui Stefan Ortega. Dapatkan hasil imbang 1-1 dalam waktu regulasi untuk pergi ke adu penalti.

Empat penendang Arsenal sukses menyelesaikan tugasnya dalam adu penalti. Sementara itu, Kevin De Bruyne dan Rodri menjadi pihak yang gagal di kubu Man City saat tim asal London utara itu menang 4-1.

Susunan pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, Gabriel (Emile Smith Rowe 87'), William Saliba, Jurrien Timber (Kieran Tierney 78'); Thomas Partey, Declan Rice (Edward Nketiah 81'), Martin Odegaard; Bukayo Saka, Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 87'), Kai Havertz (Fabio Vieira 87').

Man City: Stefan Ortega; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Manual Akanji; Rodri, Mateo Kovacic (Kevin De Bruyne 64'); Bernardo Silva, Jack Grealish, Julian Alvarez; Erling Haaland (Cole Palmer 64').

Lebih baru Lebih lama