Kylian Mbappe mencetak gol dan Gianluigi Donnarumma menyelamatkan penalti

Kylian Mbappe mencetak gol dan Gianluigi Donnarumma menyelamatkan penalti



Sportsnews.id - Kylian Mbappe mencetak gol dan Gianluigi Donnarumma menyelamatkan penalti saat Paris Saint-Germain unggul delapan poin di puncak Ligue 1 pada hari Minggu dengan kemenangan 2-0 atas runner-up musim lalu Lens.

Bradley Barcola memberi PSG keunggulan melalui gol keduanya untuk juara Prancis itu setelah Donnarumma berhasil menggagalkan tendangan penalti Przemyslaw Frankowski di Stade Bollaert.

Lens jauh berbeda dari tim yang finis satu poin di belakang PSG musim lalu, namun performa kandang mereka tetap kuat dan rekor 11 pertandingan tak terkalahkan mereka terhenti tepat sebelum jeda musim dingin.

Namun harapan mereka untuk bangkit mendapat pukulan telak ketika Jonathan Gradit dikeluarkan dari lapangan di akhir babak pertama menyusul tinjauan VAR karena menjatuhkan Barcola sebagai bek terakhir.

Dengan fokus yang semakin besar pada Mbappe dan rencana masa depannya, Lens memiliki peluang untuk mencetak gol pertama saat Danilo melakukan pelanggaran terhadap Elye Wahi di dalam kotak penalti pada menit kelima.

Frankowski melepaskan tendangannya tepat di tengah namun raksasa Donnarumma tetap bertahan dan memblok bola dengan lututnya.

Kiper Italia itu kemudian menepis tembakan Wahi sebelum pertahanan luar biasa Danilo membantu Mbappe memberikan umpan kepada Barcola.

Mbappe melangkah maju dan menunggu dengan sabar untuk memasukkan Barcola ke belakang pertahanan Lens, pemain sayap muda itu melakukan penyelesaian tepat melewati Brice Samba dari sudut yang rumit.

Kartu merah Gradit hanya menambah tantangan bagi Lens, yang sesekali mengancam di babak kedua tanpa terlalu merepotkan Donnarumma.

Mbappe memastikan kemenangan pada menit ke-89, berlari menyambut umpan Ousmane Dembele dan melepaskan tembakan rendah melewati Samba ke sudut jauh.

PSG unggul delapan poin dari Nice, yang kalah 2-0 di Rennes pada hari Sabtu. Brest terpaut satu poin lagi, sementara Monaco turun ke peringkat keempat setelah kalah 3-1 di kandang Reims.

-Brest sedang naik daun 

Sebelumnya pada hari Minggu, Brest naik ke posisi ketiga dengan kemenangan kandang 2-0 atas Montpellier untuk melanjutkan dorongan mengejutkan mereka ke sepakbola Eropa.

Hugo Magnetti membuka skor setelah turun minum di Brittany dan pemain pengganti Jeremy Le Douaron mencetak gol di masa tambahan waktu untuk memastikan kemenangan keenam dalam tujuh pertandingan untuk tim asuhan Eric Roy.

Mereka melampaui Monaco dan satu poin dari Nice setelah kedua tim kalah pada hari Sabtu, dan otomatis mengamankan tempat kualifikasi Liga Champions.

"Kami sedang melalui masa-masa bagus, kami harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Kami tahu dalam sepak bola segala sesuatunya terjadi dengan sangat cepat, dengan satu atau lain cara," kata Roy, yang pernah menjadi gelandang Sunderland.

Lille meraih kemenangan 3-0 atas Lorient melalui gol Jonathan David, Remy Cabella dan Edon Zhegrova. Kemenangan 2-1 Clermont di Nantes mendorong Lorient ke dasar klasemen.

Toulouse hanya meraih kemenangan ketiga mereka musim ini setelah mengalahkan Metz 1-0, meninggalkan Lyon di tempat play-off degradasi setelah mereka kalah 3-1 di Le Havre.

Gautier Lloris, saudara laki-laki mantan kiper Prancis Hugo, membawa Le Havre unggul melalui gol Emmanuel Sabbi dan Christopher Operi di kedua sisi gawang Alexandre Lacazette.

Lyon kehilangan Jake O'Brien yang dikeluarkan dari lapangan pada babak pertama dan berakhir dengan sembilan pemain karena Duje Caleta-Car juga mendapat kartu merah, kebangkitan kecil mereka tiba-tiba terhenti setelah menyelesaikan tahun 2023 dengan tiga kemenangan berturut-turut.


Lebih baru Lebih lama