Dua Muridnya Podium,Rossi Tersenyum Penuh

Dua Muridnya Podium,Rossi Tersenyum Penuh

 

Sportsnews.id - Bendera tujuan MotoGP Austria 2023 baru saja dikibarkan di Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria. Pacu Ducati masih sangat kuat, terbukti dengan Francesco “Pecco” Bagnaia yang tampil sebagai juara, disusul Brad Binder dan Marco Bezzecchi yang melengkapi podium. Bagaimana balapannya? Berikut ulasannya.

MotoGP Austria 2023 memang panas, baik dari sisi cuaca maupun jalannya balapan. Musim panas di Spielberg menghadirkan suhu udara hingga 31 derajat Celcius dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap. Oleh karena itu, sebagian besar pengendara memilih ban keras di depan dan ban sedang di belakang.

Ingat, sebelum balapan dimulai Pol Espargaro dihukum dengan turun tiga posisi di start dari posisi 13 ke 16 karena dianggap menghalangi Marc Márquez saat latihan. Selain itu, Jorge Martin harus menyelesaikan pinalti loop yang panjang akibat insiden di tikungan pertama sprint race.

Posisi start di barisan depan masih sesuai dengan hasil kualifikasi. Pecco Bagnaia, yang percaya diri setelah finis podium dalam balapan sprint kemarin, menempati posisi pertama. Disusul Maverick Vinales dan Brad Binder di posisi grid dua lawan tiga. Namun begitu balapan dimulai, komposisi pembalap terdepan langsung berubah.

Pecco Bagnaia yang notabene murid Valentino Rossi langsung melesat sejak lampu hijau diberikan. Brad Binder tergantung di belakangnya. Sayangnya, Vinales memulai balapan dengan buruk dan turun kembali ke urutan ke-10 untuk kemudian berhasil mengamankan posisi kedelapan.

Lap pertama berjalan mulus bagi para pembalap. Berbeda dengan sprint race yang banyak menampilkan drama dan kekacauan, barisan pembalap cenderung lebih tenang untuk menjaga ritme balapan selama 28 lap.

Di awal balapan, Bagnaia tampil perkasa di bawah bayang-bayang duet KTM Brad Binder dan Jack Miller. Namun di lap keempat, Miller mengendur dan dilewati Alex Marquez yang bermain agresif sejak awal balapan. Pembalap Australia itu bahkan naik ke urutan keenam dan disalip oleh Bezzecchi ke Marini.

Posisi teratas tak berubah hingga pertengahan balapan. Bagnaia masih disematkan oleh Brad Binder, kurang dari 0,5 detik ke belakang. Sementara itu, Alex Marquez tampil tenang di urutan ketiga, diikuti Bezzecchi di urutan keempat dan Marini di urutan kelima.

Sejak ronde ke-15, urutan di barisan tengah mulai berubah. Jack Miller terus kalah hingga tak lagi masuk 10 besar. Sementara Vinales berangsur naik ke posisi enam, diikuti Jorge Martin yang harus bekerja keras karena penalti long lap. Di urutan kesembilan ada Enea Bastianini dan di urutan kesepuluh Fabio Quartararo.

Dari lap ke-20 podium MotoGP Austria 2023 sudah bisa terbaca. Pecco Bagnaia semakin disalip oleh Binder, tertinggal lebih dari 3 detik. Sayang sekali KTM yang seharusnya bisa unjuk kebolehan di kandang sendiri tapi nyatanya malah tak sempat menyalip Ducati milik Bagnaia.

Ketegangan dalam balapan tiba-tiba meningkat dengan tujuh lap tersisa. Perselisihan tidak terjadi di puncak, melainkan di tempat ketiga. Marco Bezzecchi dan Alex Marquez bertarung duel sengit dan saling menyalip. Hingga akhirnya di ronde ke-27 Alex Marquez tersingkir dari pertarungan dan benar-benar berjuang naik ke urutan kelima.

Menariknya, dua pebalap asuhan Rossi berhasil naik podium MotoGP Austria pada 2023. Ada Pecco Bagnaia yang sangat kuat sejak awal balapan, dan Marco Bezzecchi yang berhasil memenangkan pertarungan alot dengan Alex Marquez. Bahkan Luca Marini, adik Rossi, berhasil finis keempat.

Balapan di Austria ini relatif datar dan kurang drama. Sejak awal balapan berjalan mulus kecuali Miguel Oliveira yang mengadu dan Raul Fernandez yang gagal menyelesaikan balapan. Juga, Joan Mir mengalami kecelakaan di lap 13.

Hasil MotoGP Austria 2023

1 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP23)

2 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)

3 Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP22)

4 Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22)

5 Alex Marquez Gresini Ducati (GP22)

6 Maverick Viñales Aprilia Racing (RS-GP23)

7 Jorge Martin Pramac Ducati (GP23)

8 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)

9 Aleix Espargaro Aprilia Racing (RS-GP23)

10 Enea Bastianini Ducati Lenovo (GP23)

11 Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1)

12 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)

13 Johann Zarco Pramac Ducati (GP23)

14 Pol Espargaro Tech3 GASGAS (RC16)

15 Jack Miller Red Bull KTM (RC16)

16 Augusto Fernandez Tech3 GASGAS (RC16)

17 Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22)

18 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)

19 Lorenzo Savadori Aprilia Factory (RS-GP23)

20 Iker Lecuona LCR Honda (RC213V)

DNF

Miguel Oliveira RNF Aprilia (RS-GP22)

Joan Mir Repsol Honda (RC213V)

Raul Fernandez RNF Aprilia (RS-GP22)

Lebih baru Lebih lama