Messi meraih penghargaanterbaik FIFA pada tahun 2023

Messi meraih penghargaanterbaik FIFA pada tahun 2023

 

Sportsnews.id - Lionel Messi secara kontroversial dinobatkan sebagai pemain pria terbaik FIFA untuk tahun 2023 pada hari Senin, sementara Aitana Bonmati menambah koleksi penghargaan individunya pada upacara penghargaan di London.

Messi mengklaim penghargaan tersebut untuk ketiga kalinya, tetapi pemain berusia 36 tahun itu secara mengejutkan menjadi pemenang di depan Erling Haaland pada malam yang gemilang bagi Manchester City.

Penghargaan tersebut hanya mencakup periode setelah Messi membawa Argentina meraih kejayaan Piala Dunia pada Desember 2022 hingga Agustus 2023.

Selama periode tersebut, pemenang Ballon d'Or delapan kali itu mengakhiri kariernya di Paris Saint-Germain, meski memenangkan gelar tersebut. Gelar Ligue 1, sebelum bergabung dengan klub MLS Inter Miami pada bulan Juni.

Messi dengan cepat membuat jejaknya di Amerika Serikat ketika ia membantu franchise tersebut, yang sebagian dimiliki oleh David Beckham, meraih trofi pertama mereka dengan memenangkan Piala Liga pada bulan Agustus.

Haaland difavoritkan untuk menang setelah mencetak 52 gol di musim debutnya bersama City saat tim Inggris itu memenangkan treble Liga Champions, Liga Premier, dan Piala FA.

Setelah menerima jumlah poin yang sama dari sistem penilaian berdasarkan suara dari kapten tim nasional, pelatih, jurnalis, dan penggemar, Messi dinobatkan sebagai pemenang berkat nominasi pilihan pertama yang lebih banyak.

Mantan rekan setim Messi di klub, Kylian Mbappe, berada di urutan ketiga.

Namun, ketiga finalis putra tidak menghadiri upacara tersebut sehingga meninggalkan legenda Arsenal dan Prancis Thierry Henry, yang ikut menjadi pembawa acara, untuk mengambil penghargaan tersebut saat Messi absen.

'Pemain Wanita Terbaik' 

Terpilihnya Bonmati sebagai pemain wanita terbaik tidak pernah diragukan karena ia menyelesaikan sapu bersih penghargaan pribadi setelah membantu Spanyol memenangkan Piala Dunia dan Barcelona meraih kejayaan Liga Champions pada tahun 2023. Pemain berusia

25 tahun itu juga memenangkan Ballon d'Or , Bola Emas untuk Pemain Terbaik Piala Dunia dan Pemain Terbaik UEFA dalam beberapa bulan terakhir.

“Beberapa minggu yang lalu ketika tahun 2023 berakhir, saya bernostalgia karena tahun 2023 adalah tahun yang luar biasa dan unik yang akan saya ingat seumur hidup saya,” kata Bonmati.

“Saya bangga menjadi bagian dari generasi perempuan kuat yang mengubah aturan main dan dunia.”

Pep Guardiola dinobatkan sebagai pelatih terbaik setelah mendalangi kesuksesan pertama City di Liga Champions.

“Kami di sini karena kami memenangkan banyak hal dan ribuan orang terlibat dalam kesuksesan kami,” kata Guardiola.

"Saya sangat senang dengan musim yang kami lalui karena ini adalah perjalanan yang luar biasa. Pada akhirnya kami berhasil, namun kenikmatan berada di sana sungguh luar biasa."

Haaland bergabung dengan lima rekan satu timnya di klub -- Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Bernardo Silva, dan Kevin De Bruyne -- dalam tim terbaik tahun ini.

Thibaut Courtois dari Real Madrid, Jude Bellingham dan Vinicius Junior, Messi dan Mbappe masuk ke dalam daftar 11 pemain tersebut.

Ederson dari City memenangkan penghargaan kiper pria terbaik tahun ini, sementara kiper Inggris dan Manchester United Mary Earps meraih penghargaan kiper wanita.


Lebih baru Lebih lama