Sevilla Juara Liga Europa Setelah Mengalahkan AS Roma Melalui Adu Penalti

Sevilla Juara Liga Europa Setelah Mengalahkan AS Roma Melalui Adu Penalti

 

Sportsnews.id - Sevilla menjuarai Liga Europa 2022/2023. Sisi Spanyol mengalahkan AS Roma 4-1 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu reguler.

Final Liga Europa antara Sevilla dan AS Roma berlangsung pada Kamis (1 Juni 2023) dini hari WIB di Puskas Arena Budapest. AS Roma memimpin di babak pertama melalui tendangan bebas Paulo Dybala pada menit ke-34.

Sevilla yang meningkatkan intensitas serangannya di babak kedua mencetak gol penyama kedudukan. Pertandingan kembali seri setelah gol bunuh diri oleh bek Roma Gianluca Mancini.

Skor 1:1 baru berubah setelah waktu bermain reguler berakhir. Hal yang sama berlaku hingga akhir babak tambahan, sehingga pemenang akan ditentukan melalui adu penalti.

Empat eksekutor Sevilla sukses. Sementara AS Roma gagal di penendang kedua dan ketiga. Sevilla juga menjuarai Liga Europa untuk ketujuh kalinya.

jalannya permainan

Sevilla mencoba menguasai bola usai kick-off. Tapi AS Roma adalah yang pertama mengancam!

Paulo Dybala memainkan bola tepat kepada Zeki Celik, yang kemudian menjentikkan bola melewati bola. Leonardo Spinazzola merebut bola, tapi Yassine Bounou mampu membelokkannya!

Setelah ancaman Roma di awal pertandingan, Sevilla mencoba menghentikan mereka memasuki kotak penalti. Anak asuh Jose Luis Mendilibar bermain lebih keras untuk mengantisipasi tusukan Roma.

SASARAN! Roma memimpin pada menit ke-34. Bryan Cristante memenangkan tekel di tengah, bola kemudian dikendalikan oleh Gianluca Mancini, ingin melihat ruang terbuka untuk Paulo Dybala. Dybala berdiri di depan gawang dan melepaskan tembakan rendah ke pojok kanan bawah!

Sevilla mencoba menyerang. Sebuah peluang dari Youssouf En-Nesyri pada menit ke-39 berhasil diselamatkan oleh Rui Patricio. Kesempatan lain untuk Sevilla empat menit kemudian ketika sundulan Fernando terbang dari posisi bebas untuk menyambut sepak pojok.

Pellegrini meminta penalti pada menit ke-45 ketika menerima bola setelah tusukan Dybala. Namun dia malah mendapat kartu kuning karena melakukan diving.

hampir tidak! Sevilla nyaris menyamakan kedudukan di menit terakhir. Sevilla membangun serangan dari sisi kanan dan bola diarahkan ke Ivan Rakitic di depan kotak penalti. Tembakan kuat Rakitic membentur tiang! Babak pertama sudah berakhir.

Sevilla memulai babak kedua dengan inisiatif yang lebih besar. Tendangan keras Alex Telles dari kiri melambung.

SASARAN! Sevilla menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Umpan silang Mancini dari Jesus Navas tidak diantisipasi sempurna oleh Mancini dan berakhir dengan gol bunuh diri.

AS Roma memiliki peluang di menit ke-67. Tendangan bebas Pellegrini membuat kekacauan dan tembakan Tammy Abraham di depan gawang diblok oleh Bounou. Bola menggelinding liar dan Roger Ibanez memiliki peluang namun sepakannya melebar.

Wasit menghadiahkan penalti untuk Sevilla pada menit ke-76 setelah Ocampos jatuh di bawah tekanan Ibanez. Namun VAR memanggil Anthony Taylor, yang membatalkan keputusannya setelah meninjau insiden tersebut.

Roma meminta penalti setelah tendangan Spinazzola mengenai tangan Bade. Namun, wasit dan VAR melihat tangan dalam posisi alami dan dekat dengan badan.

Peluang bagi Roma di menit ke-83. Umpan silang Pellegrini dari tendangan bebas menemukan Andrea Belotti dalam posisi terbuka, tetapi tendangan volinya melebar setelah membelokkan ujung jari Bounou. Wasit tidak memberikan tendangan sudut.

Tendangan keras Suso pada menit ke-96 berhasil diblok Patricio. Sevilla membangun serangan lagi dan Fernando melepaskan tembakan melebar ke kiri. Waktu normal berakhir.

Roma memiliki peluang terbaik perpanjangan waktu saat sundulan Chris Smalling membentur mistar. Namun hingga perpanjangan waktu berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Pemenang ditentukan dalam adu penalti.

Lebih baru Lebih lama