Hasil Race MotoGP America : Alex Rins Podium Dan Bagnaia Jatuh Lagi!

Hasil Race MotoGP America : Alex Rins Podium Dan Bagnaia Jatuh Lagi!

 

Sportsnews.id - Alex Rins tampil sebagai juara MotoGP Amerika Serikat 2023.  Pebalap LCR Honda itu finis di depan setelah Francesco Bagnaia terjatuh dari posisi terdepan.

MotoGP Amerika Serikat berlangsung di Sirkuit Amerika, Austin, Senin (17/4/2023) dini hari WIB.  Bagnaia memulai dengan baik, namun kemudian terjatuh di lap delapan dan gagal mendapatkan poin seperti MotoGP Argentina lalu. 

Itu memberi Rins keunggulan, yang berhasil dia pertahankan sampai akhir.  Sementara Luca Marini (Mooney VR46) dan Fabio Quartararo (Yamaha) menyelesaikan balapan dengan podium kedua dan ketiga.

Balapan MotoGP Amerika Serikat 2023 diwarnai sejumlah pebalap yang tumbang.  Total, hanya 13 pebalap yang berhasil menyelesaikan balapan.

Jalannya Race

Bagnaia meninggalkan tikungan pertama setelah start masih di posisi terdepan.  Alex Marquez dan Jorge Martin terjatuh di tikungan tiga, disusul Aleix Espargaro di tikungan 12.

Alex Rins menempati posisi kedua dan Jack Miller yang start dari posisi ke-10 langsung naik ke posisi ketiga.  Mereka diikuti oleh Fabio Quartararo, Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Memasuki ronde ketiga, Bagnaia dan Rins mulai membuka jarak hingga hanya terpaut satu detik dari Miller.  Sementara itu, Miller juga mulai kabur dari pandangan Quartararo, namun kemudian terjatuh di ronde keenam!

Bagnaia jatuh!  Ia kehilangan grip ban depan di tikungan tiga lap delapan.  Rins kini memimpin balapan dengan selisih hampir 2,5 detik dari Quartararo dan Marini.

Menggantikan Joan Mir yang crash di babak selanjutnya.  10 putaran lari, 15 pembalap tersisa di lintasan.  Brad Binder dan Takaaki Nakagami menjadi korban COTA berikutnya, jatuh di lap 11 dan 12.

Rins dengan nyaman memimpin dengan delapan putaran tersisa.  Sementara itu, Marini berhasil menyalip Quartararo di lintasan lurus untuk menempati posisi kedua.  Bezzecchi, Vinales, Miguel Oliveira di belakang mereka berturut-turut.

Lima ronde menjelang finis, baik Rins, Marini, dan Quartararo melaju terpisah karena dipisahkan jarak yang lebar.  Saat ini, Vinales di posisi keempat tertinggal 3,5 detik dari Quartararo.

Tanpa hambatan berarti, Rins mengamankan posisi terdepan hingga garis finis, disusul Marini dan Quartararo.  Vinales, Oliveira dan Bezzecchi berada di posisi 4-6 berturut-turut.

Johann Zarco, Franco Morbidelli, Fabio Di Giannantonio, Augusto Fernandez melengkapi 10 besar MotoGP Amerika Serikat 2023.

Hasil MotoGP Amerika Serikat 2023

1. Alex Rins LCR Honda (RC213V)

2. Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22)

3. Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)

4. Maverick Viñales Aprilia Factory (RS-GP23)

5. Miguel Oliveira RNF Aprilia (RS-GP22)

6. Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP22)

7. Johann Zarco Pramac Ducati (GP23)

8. Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1)

9. Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22)

10. Augusto Fernandez Tech3 GASGAS (RC16)*

11. Michele Pirro Ducati Lenovo (GP23)

12. Jonas Folger Tech3 GASGAS (RC16)

13. Brad Binder Red Bull KTM (RC16)


Stefan Bradl Repsol Honda (RC213V)

Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)

Joan Mir Repsol Honda (RC213V)

Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP23)

Jack Miller Red Bull KTM (RC16)

Raul Fernandez RNF Aprilia (RS-GP22)

Aleix Espargaro Aprilia Factory (RS-GP23)

Jorge Martin Pramac Ducati (GP23)

Alex Marquez Gresini Ducati (GP22)

Lebih baru Lebih lama