Marquez tidak belajar dari pengalaman, mengulangi kesalahan di MotoGP Portugal !

Marquez tidak belajar dari pengalaman, mengulangi kesalahan di MotoGP Portugal !

Sportsnews.id - Marc Marquez terlibat kecelakaan fatal di MotoGP Portugal 2023. Marquez kehilangan kendali atas motornya dan menabrak Jorge Martin (Ducati) dan Miguel Oliveira (Aprilia), menyebabkan Oliveira jatuh ke gravel. Marquez ternyata mengaku menyaksikan kecelakaan tersebut, dengan perbedaan tidak ada pembalap lain di sekitarnya saat itu.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menaruh harapan besar kepada para penggemarnya saat ia berlaga di seri pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Portugal. Marquez bisa merebut pole position atau start dari posisi pertama. Baby Alien juga berhasil naik podium di Seri Balap Sprint pada hari Sabtu. Marquez melanjutkan balapan fitur hari Minggu dan juga tampaknya akan menyelesaikan seri di podium.

Tapi harapan adalah harapan, Marquez tidak bisa menyelesaikan balapan karena crash. Musibah terjadi pada lap ketiga di tikungan ketiga yang berbentuk huruf “V” atau jepit rambut. Marquez yang kehilangan keunggulan terus melakukan manuver agresif untuk mencari kursi baris depan. Tapi sial, manuver ekstrim yang dilakukan pembalap Spanyol di tikungan membuat Martin dengan mudah menyerempetnya dan menabrak Oliveira.

Marquez dan Oliveira yang bertabrakan langsung tak bisa melanjutkan balapan. Pasalnya selain motor yang rusak parah, Marquez dan Oliveira langsung dibawa ke medical center untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara Martin yang lolos dari kecelakaan itu mampu melanjutkan balapan meski juga mengalami crash di akhir lap.

Dikutip dari Crash, Marquez ternyata mengalami kecelakaan serupa saat sesi uji coba, di mana ia terlambat mengerem. Tapi saat itu dia tidak merugikan siapapun karena tidak ada pengendara lain di sekitarnya. Berbeda ketika balapan utama berlangsung, di mana banyak pembalap yang berada di jalan raya. Marquez sepertinya tidak belajar dari pengalaman.

“Di lap pertama tikungan saya melangkah jauh sendiri karena saya sedikit terhalang. Itu (sesuatu) juga bisa terjadi dalam tes, tapi saya menyetir sendiri. Saya tidak beruntung kali ini dan terutama Miguel, ketika saya melepaskan rem, motor masuk (dan menabrak)" aku Marquez.

Atas kejadian ini, Marquez juga divonis hukuman double long lap pada balapan selanjutnya. Dia lega menerima hukuman dari pengurus FIM dan menyesal mengemudi begitu agresif.

"Saya mengerem sangat terlambat. Saya tidak pernah ingin jatuh dan saya tidak ingin mengakhiri balapan seperti itu," katanya.

“Tapi jika Anda lihat ketika saya keluar dari belokan 1 dan 2 saya jauh dari mereka. Saya bahkan tidak dekat dan tidak berpikir untuk menyalip. Jadi kamu bisa menjelaskan banyak hal, tapi pada akhirnya itu milikku.” Kesalahan itu menyebabkan pengendara lain terjatuh. Jadi saya dihukum dan saya pantas mendapatkannya," kata Marquez.

Lebih baru Lebih lama