Aston Villa ditahan oleh Everton setelah gol Moreno dianulir

Aston Villa ditahan oleh Everton setelah gol Moreno dianulir

 

Sportsnews.id - Tantangan gelar Liga Premier Aston Villa menemui hambatan ketika gol Alex Moreno secara kontroversial dianulir oleh VAR dalam hasil imbang 0-0 hari Minggu melawan Everton.

Pasukan Unai Emery akan menyamakan poin dengan pemimpin klasemen Liverpool jika mereka menang di Goodison Park yang membekukan.

Namun keputusan untuk mengesampingkan upaya Moreno karena offside memaksa Villa harus puas dengan satu poin yang membuat mereka berada di posisi ketiga.

Keputusan offside berarti Villa hanya meraih satu kemenangan dari empat pertandingan liga terakhir mereka karena upaya tak terduga mereka untuk meraih gelar terputus.

Mereka tertinggal dua poin dari Liverpool, setelah memainkan satu pertandingan lebih banyak, dan duduk di bawah peringkat kedua Manchester City karena selisih gol.

“VAR sangat penting bagi wasit. Saya berusaha untuk tidak frustrasi jika VAR tidak memberi kami gol atau semacamnya karena kami harus menghormati dan harus beradaptasi,” kata Emery.

Emery dinobatkan sebagai manajer terbaik Liga Premier bulan Desember, namun pelatih asal Spanyol itu berharap gol Moreno yang dianulir bukanlah pertanda bahwa ia akan menderita 'kutukan' yang sudah lama menimpa pemenang penghargaan tersebut.

Everton tetap berada dalam bahaya hanya satu tempat di atas zona degradasi setelah rekor tanpa kemenangan mereka di liga diperpanjang menjadi empat pertandingan.

Pengurangan 10 poin yang dilakukan Everton pada awal musim ini karena pelanggaran keuangan telah membuat mereka terperosok dalam pertarungan degradasi.

Dikalahkan dalam tiga pertandingan sebelumnya, tim Sean Dyche unggul satu poin dari Luton yang berada di peringkat ketiga dari bawah.

"Ini masih dalam proses. Kami fokus pada kenyataan. Pertahanan kami sangat bagus. Babak kedua mereka menguasai banyak bola tanpa benar-benar membuka peluang kami," kata Dyche.

Dengan 14 gol dan delapan assist, Ollie Watkins terlibat dalam 22 dari 43 gol Villa di divisi teratas.

Watkins mengancam menambah jumlah gol impresif itu ketika ia menerima umpan Moussa Diaby dan memaksa Jordan Pickford melakukan penyelamatan.

Villa mengira mereka telah memimpin melalui ledakan Moreno dari tepi kotak penalti setelah tendangan sudut pendek, tetapi gol tersebut dianulir karena Leon Bailey berada dalam posisi offside.

Keputusan itu diambil setelah pemeriksaan VAR selama empat menit, membuat Villa marah atas ketidakadilan yang dirasakannya.

Dipicu oleh keluhan itu, Villa nyaris memimpin dua kali berturut-turut.

Watkins melepaskan tembakannya melebar beberapa inci, kemudian Pickford melakukan penyelamatan bagus dari Bailey setelah umpan John McGinn membuka pertahanan Everton.

Everton hampir mencuri keunggulan ketika Emiliano Martinez bergegas keluar dari garis gawangnya untuk menyelamatkan gawang Dominic Calvert-Lewin ketika striker The Toffees ragu-ragu sebelum menarik pelatuknya.

Tendangan mendatar James Garner memaksa Martinez kembali melakukan penyelamatan bagus di menit-menit akhir babak pertama.

McGinn mengebor beberapa inci lebarnya di tengah-tengah babak kedua yang penuh semangat dengan banyak keringat tetapi rendah inspirasi.

Peluangnya sangat kecil dan, ketika hal itu terjadi, pemain Everton Arnaut Danjuma melakukan kesalahan yang sia-sia sebelum sundulan pemain Villa Jhon Duran berhasil diselamatkan oleh Pickford.

Gelandang Everton Abdoulaye Doucoure berhasil mencetak gol pada menit-menit akhir, namun usahanya dianulir karena offside.

Lebih baru Lebih lama