Resmi!! Marc Marquez Akan Meninggalkan Honda Pada Akhir Musim Ini

Resmi!! Marc Marquez Akan Meninggalkan Honda Pada Akhir Musim Ini

 

Sportsnews.id - MotoGP 2023 akan menjadi musim terakhir Marc Marquez bersama Repsol Honda. Marquez memutuskan untuk mengakhiri karirnya di sana.

Keputusan tersebut resmi diumumkan pabrikan asal Jepang itu pada Rabu malam (10 April 2023) WIB. Marquez menyelesaikan kontraknya pada 2024 lebih awal dari perkiraan.

“Honda Racing Corporation dan Marc Marquez telah sepakat untuk mengakhiri kontrak empat tahun mereka lebih awal pada akhir musim MotoGP 2023,” demikian bunyi pernyataan resmi Honda.

Pernyataan tersebut seolah membenarkan rumor masa depan Marquez yang beredar liar dalam beberapa pekan terakhir. Marquez muak dengan performa buruk Honda dalam dua hingga tiga musim terakhir.

Apalagi, musim ini Honda kesulitan bersaing dengan pabrikan Eropa yang baru dua kali naik podium. Usai hengkang dari Honda, Marquez dikabarkan ingin bergabung dengan tim Satelit Ducati Gresini.

“Kedua belah pihak akan terus saling mendukung sepanjang sisa musim MotoGP 2023. HRC mendoakan yang terbaik untuk Marc Marquez di masa depan.”

Marquez telah bersama Honda selama 11 tahun dan telah meraih delapan gelar juara dunia balap motor, enam di antaranya di kelas MotoGP. Selain itu, Marquez meraih lima triple crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole position.

Musim ini, Marc Marquez berada di peringkat 15 klasemen MotoGP dengan 64 poin.

Lebih baru Lebih lama