UEFA Nations League: Kalahkan Belanda 4-2, Kroasia Melaju Ke Final !

UEFA Nations League: Kalahkan Belanda 4-2, Kroasia Melaju Ke Final !

 

Sportsnews.id - Kroasia meraih satu tiket ke final UEFA Nations League 2022/2023. Vatreni mengalahkan Belanda 4-2 dalam pertandingan 120 menit.

Bertanding pada Kamis (15/6/2023) dini hari WIB di de Kuip, Rotterdam, pertandingan berjalan alot. Belanda dan Kroasia sama-sama bermain dengan hati-hati dan berjuang untuk menjadi berbahaya.

Namun, Belanda awalnya memimpin. Cody Gakpo masuk ke gawang Kroasia dengan tembakan di area penalti pada menit ke-34, sebuah serangan yang diatur dengan cerdik oleh Oranje. Skor 1-0 hingga jeda.

Kroasia baru membalas di babak kedua. Pasukan Zlatko Dalic mendapat penalti setelah Cody Gakpo mencederai Luka Modric. Andrej Kramaric dipromosikan menjadi eksekutor dan mampu menegaskan dirinya melawan Justin Bijlow. Skor gol 1:1 di menit ke-55.

Kroasia bahkan bisa memimpin pada menit ke-73. Mario Pasalic memberi tim tamu keunggulan 2-1 setelah mengarahkan umpan terukur Ivanusec ke gawang.

Posisi tersebut bertahan hingga memasuki menit-menit penutupan. Belanda yang tak menyerah akhirnya bisa memaksakan perpanjangan waktu setelah Noa Lang gagal di menit ke-90+6. mencetak gol penyeimbang di menit itu. Skor menjadi 2-2 dan pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Kroasia kembali memimpin di babak pertama perpanjangan waktu. Bruno Petkovic, yang mencetak gol melawan Belanda.

Pada menit ke-98, Petkovic mengirim bola ke pojok kiri bawah gawang Belanda dengan tembakan keras yang tidak bisa diandalkan Bijlow.

Belanda tersentak dan mencoba menjawab. Frenkie de Jong nyaris menyamakan kedudukan lagi dua menit kemudian, namun tembakannya masih melebar dari gawang Kroasia. Skor tetap 3-2 hingga jeda.

Di babak kedua perpanjangan waktu, cukup sulit bagi Belanda untuk mengejar ketertinggalan. Kroasia bermain lebih agresif dan menggunakan taktik balasan.

Proyek ini telah membuahkan hasil bagi Kroasia. Pada menit ke-114, Pasalic hampir saja memperbesar keunggulan jika tembakannya tidak membentur mistar gawang.

Pada menit ke-116, Kroasia kembali mencetak gol. Penalti diberikan setelah Tyrell melukai Malacia Petkovic di dalam kotak.

Modric menjadi penentu dan mampu menembus gawang Belanda. Skornya adalah 4:2.

Sebelum pertandingan usai, Kroasia kembali mencetak gol melalui Luvro Majer. Namun, VAR membatalkan keputusan tersebut karena posisi offside dinyatakan ketika sebuah gol dicetak. Skor tetap 4:2 hingga pertarungan dihentikan.

Hasil ini memastikan Kroasia masuk ke final UEFA Nations League. Semifinalis Piala Dunia 2022 tinggal menunggu pemenang Spanyol melawan Italia di final. Spanyol versus Italia baru akan bertanding pada Jumat (16/6/2023) dini hari WIB.

Lebih baru Lebih lama