Sengit ! Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas setelah membungkam Thailand 5-2

Sengit ! Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas setelah membungkam Thailand 5-2

 

Sportsnews.id - Timnas U-22 Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Dimainkan di National Stadium, Phnom Penh pada Selasa 16 Mei 2023 malam WIB. Tim besutan Indra Sjafri menang 5-2.

Laga berlangsung ketat sejak awal babak pertama. Kedua tim langsung memimpin permainan terbuka dan menciptakan beberapa peluang. Namun, penyelesaian akhirnya masih belum optimal.

Pada menit ke-21, Timnas Indonesia U-22 mendapat gol pembuka ketika sepakan Alfreanda Dewangga melebar dan dilanjutkan Ramadhan Sananta dengan sundulan.

Bola mengarah ke pembukaan gawang. Pemain Thailand Songchai Thongcham mencoba mencegat. Bola mengenai pahanya tapi malah mendarat di gawangnya sendiri. Thailand membalas target Indonesia dengan meningkatkan intensitas serangan. Mereka terus berusaha, namun masih bisa dijegal pertahanan solid Indonesia.

Di menit-menit terakhir babak pertama, Indonesia sebenarnya masih bisa mencetak gol. Setelah bola panjang dari pertahanan, Ramadhan Sananta berhasil mencuri bola dan menembak dari luar kotak.

Bola melambung melewati kiper Thailand Soponwit Rakyart dan mendarat rapi di gawang. Keunggulan 2-0 Indonesia menjadi hasil akhir babak pertama final SEA Games 2023.

Di awal babak kedua, Thailand menunjukkan tempo permainan yang cepat. Mereka terus menekan pertahanan Indonesia. Indonesia tidak tinggal diam.

Anda juga dapat mengancam Thailand dengan serangan balik cepat. Ada jual beli serangan yang membuat permainan semakin seru.

Pada menit ke-65, Thailand berhasil memperkecil jarak dengan Indonesia. Sundulan Anan Yodsangwal meneruskan sepak pojok untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-2.

Situasi ini menyebabkan Thailand semakin gencar menekan pertahanan Indonesia. Ancaman berbahaya terus mereka lakukan, namun anak buah Indra Sjafri mampu membalasnya.

Di menit-menit terakhir, Thailand berhasil membuat Indonesia gigit jari. Dalam 90+8 menit, Yotsakon Burapha mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 2-2. Permainan harus masuk ke babak tambahan.

Kurang dari satu menit memasuki perpanjangan waktu, Indonesia mencetak gol ketiga melawan Thailand melalui Irfan Jauhari. Terjadi perkelahian antara pemain dan ofisial di pinggir lapangan.

Aparat keamanan harus maju ke pinggir lapangan untuk mengintervensi. Setelah situasi menguntungkan, wasit memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Komang Teguh dan kiper Thailand Soponwit Rakyart.

Thailand masuk ke dalam situasi sulit di babak tambahan ini. Karena bek mereka Jonathan Khemdee dikeluarkan oleh wasit karena melakukan pelanggaran.

Kalah jumlah pemain membuat Thailand tertekan. Indonesia diberi peluang, sayangnya kesepakatan akhir tidak maksimal.

Di paruh kedua babak tambahan, Indonesia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4:2. Adalah Fajar Fathur Rachman yang mencetak gol pada menit ke-107.

Pada menit ke-118, Thailand kembali kehilangan pemain akibat kartu merah, yakni Teerasak Poeiphimai. Situasi semakin menguntungkan bagi Indonesia, yang dimanfaatkan Beckham Putra dengan golnya di menit ke-120 dan pertandingan berakhir dengan skor 5:2.

Ini adalah medali emas ketiga Indonesia di SEA Games di bidang sepak bola. Sebelumnya diakuisisi pada tahun 1987 dan 1991.

Lebih baru Lebih lama