Targetkan Emas, Indonesia Menurunkan Kekuatan Senior-Junior

Targetkan Emas, Indonesia Menurunkan Kekuatan Senior-Junior

 

Sportsnews.id - Tim bulu tangkis Indonesia menghadapi tugas berat di SEA Games ke-32 dengan target meraih empat medali emas. Karena itu, Ketua PP PBSI Binpre Rionny Mainaky tak mau main-main dalam menentukan skuad yang akan bertanding.

Rionny dan staf pelatih memutuskan untuk menggabungkan kekuatan tua dan muda untuk mencapai tujuan ini. Selain itu, kekuatan tim juga terlihat dari turnamen Piala Sudirman 2023 yang berlangsung hampir bersamaan.

SEA Games ke-32 akan digelar di Phnom Penh, Kamboja pada 5 hingga 17 Mei, sedangkan bulu tangkis sendiri akan dimainkan di Morodok Techo Badminton Hall pada 8 hingga 16 Mei. Piala Sudirman 2023 akan digelar di Suzhou, China mulai 14 hingga 21 Mei.

Chico Aura Dwi Wardoyo dan Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi ujung tombak di tunggal putra, diikuti oleh Christian Adinata dan runner-up Osaka International Challenge 2023 Alwi Farhan. Di tunggal putri, kuartet Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari berkembang menjadi andalan.

Di nomor ganda putra, pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan meraih medali emas baik beregu putra maupun perorangan. Di nomor ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Rising Star Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari terpilih.

Di ganda campuran, Merah Putih berharap pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

"Dengan target empat medali emas, saya kira ini tim yang kuat karena beberapa di antaranya tampil cukup baik akhir-akhir ini," kata Rionny.

"Kami berbagi kekuatan dengan tim untuk Piala Sudirman. Memang kami menggunakan pemain utama di Piala Sudirman, tapi yang ini juga tidak terkalahkan, levelnya sama, performanya juga dekat," lanjut Rionny.

Dengan kekuatan dan persiapan yang matang itu, Rionny optimistis.

“Meski hanya SEA Games yang memiliki level ini, kami tidak boleh menganggap enteng pengalaman kami tahun lalu di Vietnam. Tidak hanya Thailand atau Malaysia tetapi juga Singapura yang harus diwaspadai. Asalkan persiapannya bagus dan cukup, kami kira tidak akan ada masalah," kata Rionny.

"Semua pemain ini sudah memiliki performa, kualitas dan level yang bagus, tinggal pertanyaan saya dan staf pelatih memberikan kepercayaan diri nanti agar mereka semakin percaya diri. Saya harap tim bisa mempersiapkan diri dan melakukan yang terbaik bukan." berpuas diri karena itu level SEA Games, kelihatannya kecil tapi tekanannya sebenarnya besar jadi jangan ditekan," pesannya.

Berikut Skuad Indonesia di SEA Games 2023:

Tunggal Putra:

1. Chico Aura Dwi Wardoyo

2. Shesar Hiren Rhustavito

3. Christian Adinata

4. Alwi Farhan

Tunggal Putri:

1. Komang Ayu Cahya Dewi

2. Ester Nurumi Tri Wardoyo

3. Stephanie Widjaja

4. Mutiara Ayu Puspitasari

Ganda Putra:

1. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

2. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda Putri:

1. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

2. Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari

Ganda Campuran:

1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

2. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Lebih baru Lebih lama