Secara Realistis, Marc Marquez Sadar Dirinya Bukan Lagi difavoritkan Juara MotoGP 2023 !

Secara Realistis, Marc Marquez Sadar Dirinya Bukan Lagi difavoritkan Juara MotoGP 2023 !

 

Sportsnews.id - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memutuskan untuk realistis dengan perjalanannya di MotoGP 2023. Ia sadar bukan lagi favorit juara MotoGP.

Honda diketahui mengalami masa-masa terburuknya di MotoGP. Hal itu setidaknya terjadi dalam tiga musim terakhir.

Penyebab keterpurukan Honda adalah The Baby Alien –julukan Marc Marquez– mengalami cedera serius di Jerez sejak 2020. Akibatnya, dia tidak bisa lagi bersaing di divisi teratas.

Bahkan, bintang asal Spanyol itu menyerahkan enam gelar juara MotoGP pada periode 2013-2019 kepada Honda. Rekam jejak itulah yang mungkin masih membuatnya menjadi favorit gelar dalam beberapa tahun terakhir meski diganggu oleh cedera lengan kanan.

Untuk MotoGP 2023, bagaimanapun, pembalap berusia 29 tahun itu memperkirakan Marquez dan Honda akan memulai musim dengan favorit non-juara untuk pertama kalinya dalam karirnya. Rasa pesimisnya muncul karena lengannya belum pulih sepenuhnya dan motor RC213V miliknya kehilangan performa.

Akibat buruknya performa motor-motor balap Honda, tim tersebut tidak meraih satu pun kemenangan di MotoGP 2022. Performa terbaik mereka hanya berada di posisi kedua melalui aksi Marc Marquez di Australia.

Karena itu, Marquez yakin dia dan tim pabrikan Jepang harus realistis menerima bahwa mereka tidak jadi unggulan di Kejuaraan MotoGP 2023. Jika tidak memiliki mentalitas itu, dia menyebut akan terus dibayangi rasa frustrasi.

"Saya pikir untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun kami tidak memulai sebagai favorit untuk menang," ujar Marquez dikutip dari Speedweek, Selasa (31/1/2023).

“Karena situasi saya atau situasi Honda, kami bahkan bukan salah satu dari tiga atau empat favorit untuk meraih gelar, ini bukan momen terbaik. Jadi Anda harus realistis, setidaknya di beberapa balapan pertama. Jika tidak, frustrasi akan mengikuti," tambahnya.

Ya, tentu itu semua terlihat dari hasil balapan MotoGP 2023 di Portimao, Portugal yang akan berlangsung pada 24-26 Maret mendatang. Jika Marquez bisa bermain di depan lagi, ada peluang bagus dia akan dianggap sebagai penantang juara lagi.

Pasalnya, The Baby Alien terus bekerja keras mempersiapkan kondisi fisik terbaiknya untuk tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia pada 10-12 Februari mendatang. Tes kedua akan berlangsung di Portimao dari 24 hingga 26 Maret. Jadi masih ada waktu untuk berada di level yang diinginkan sebelum awal musim.

Lebih baru Lebih lama