Mulai Jarang Menang, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Diprediksi Tinggalkan Peringkat 1 Dunia Setelah Bertahan 4 Tahun

Mulai Jarang Menang, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Diprediksi Tinggalkan Peringkat 1 Dunia Setelah Bertahan 4 Tahun

 

 Sportsnews.id - Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo diprediksi akan turun dari peringkat dunia BWF pekan depan. Selama lebih dari empat tahun, Minios berada di puncak sektor ganda putra dunia, tetapi karena mereka jarang menang akhir-akhir ini, status mereka terancam hilang.

Pekan ini, Marcus/Kevin masih menempati posisi pertama peringkat dunia BWF per 13 September 2022 dengan perolehan 104.727 poin. Namun poin tersebut sedikit berbeda dengan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) yang berada di posisi kedua dengan koleksi 102.050.

Sayangnya, minggu depan, pada 20 September 2022, pendapatan Marcus/Kevin akan turun dan mereka akan dipaksa turun tahta. Hal ini tak lepas dari kucuran ranking yang dilakukan BWF sejak Agustus lalu, ditambah performa Marcus/Kevin yang tengah berada dalam masa sulit selama dua tahun terakhir.

Seperti diketahui, sejak pandemi Covid-19 di tahun 2020, penampilan Marcus/Kevin memang sedikit menurun. Mulai dari terlambat mengikuti turnamen tahun itu karena Kevin dinyatakan positif. Kemudian mereka absen di All England 2021 karena tim Indonesia dikeluarkan oleh pihak penyelenggara karena berada di pesawat yang sama dengan pasien Covid-19.

Meski sempat comeback di Olimpiade Tokyo 2020, mereka tersingkir di perempat final. Namun, di penghujung tahun lalu, Marcus/Kevin berhasil bangkit dengan membobol lima final berturut-turut, dengan dua di antaranya menjadi juara. Namun sayang, momen tersebut buyar saat tim Indonesia absen di Kejuaraan Dunia 2021 karena kasus Omicron.

Tahun ini, pasangan tersebut diterpa masalah cedera yang menimpa Marcus Gideon. Selain absen di turnamen besar, mereka juga bernasib sial saat tampil di Kejuaraan Dunia 2022 dan Japan Open 2022.

Meski begitu, peringkat Marcus/Kevin masih berada di peringkat pertama dunia hingga hari ini, Selasa (13/9/2022). Pasalnya, BWF masih menghitung poin turnamen dari tahun 2019 yang merupakan tahun terakhir yang diraih Marcus/Kevin.

Namun lambat laun, BWF mulai menghapus poin dari turnamen-turnamen lama sejak Agustus 2022. Posisi Marcus/Kevin mulai tergerus oleh ganda putra lain yang lebih konsisten.

Poin yang dicabut pekan depan berasal dari turnamen pekan ke-40, 41, 42 dan 43 tahun 2019. Di pekan rawan itu, Minion berhasil keluar sebagai juara di dua turnamen besar, yakni Denmark Open dan French Open 2019. Sebagai Hasilnya, pekan depan, mereka akan kehilangan 22.000 poin dan diganti dengan poin yang lebih kecil.

Sebab, pekan depan perolehan Marcus/Kevin akan berada di angka 100.327 poin. Sementara itu, Hoki/Kobayashi yang tidak memiliki catatan bagus di tahun 2019 ini, tidak mengalami masalah penghapusan.

Hoki/Kobayashi tetap mengumpulkan 102.050 poin. Mereka juga akan otomatis naik ke posisi teratas melewati Marcus/Kevin.

Lebih baru Lebih lama