Drama VAR saat Arab Saudi bangkit kembali untuk mengalahkan Oman di Piala Asia

Drama VAR saat Arab Saudi bangkit kembali untuk mengalahkan Oman di Piala Asia

 

Sportsnews.id - Arab Saudi asuhan Roberto Mancini bangkit dari ketinggalan satu gol untuk mengalahkan Oman 2-1 di detik-detik terakhir Piala Asia pada hari Selasa, tetapi hanya setelah beberapa kebingungan VAR.

Juga di Grup F, Thailand mengalahkan Kyrgyzstan 2-0 dengan Supachai Chaided mencetak kedua gol.

Saudi yang ambisius mengalahkan juara bertahan Argentina di fase grup Piala Dunia 2022 dan kembali ke Qatar sebagai salah satu favorit untuk turnamen regional.

Mereka mengincar mahkota kontinental keempat yang menyamai rekor tersebut, berkat upaya perekrutan besar-besaran yang telah memikat bintang-bintang global seperti Neymar dan Cristiano Ronaldo ke liga domestik kerajaan tersebut.

Arab Saudi juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Pertandingan pembukaan mereka di Piala Asia dimulai dengan buruk -- dan berakhir dengan adegan lucu di hadapan 41.987 penonton.

Wasit Australia Shaun Evans memberikan penalti atas pelanggaran terhadap penyerang Oman Muhsen Al-Ghassani, setelah memeriksa layar VAR.

Salaah Al-Yahyaei mengkonversi untuk memberikan keunggulan mengejutkan bagi peringkat bawah Oman setelah 14 menit.

Oman bertahan selama sisa babak pertama, namun Arab Saudi gagal memberikan tekanan serius.

Setelah jeda, tim Saudi terus terengah-engah, namun hanya mencatatkan dua tembakan tepat sasaran pada waktu satu jam.

Saat jam terus berjalan dan cemoohan mulai terdengar dari para penggemar Saudi, para pria berbaju hijau membutuhkan momen ajaib.

Dan itulah yang mereka dapatkan, pemain pengganti Abdulrahman Ghareeb -- yang baru masuk lapangan selama tiga menit -- menerobos lini belakang Oman sebelum menyamakan kedudukan dengan waktu tersisa 12 menit.

Dengan keseimbangan yang pulih, Oman – yang kehilangan pencetak golnya Yahyaei karena cedera – puas bermain melalui serangan balik.

Ada peluang untuk gol Saudi lainnya, sebelum bek Ali Al-Bulayhi menyundul bola dari tendangan sudut menjelang masa tambahan waktu.

Gol tersebut dianulir karena offside oleh asisten wasit, dan diperiksa oleh VAR.

Pemain Saudi itu tampak dalam tayangan ulang berada dalam posisi onside, namun Evans memberi isyarat bahwa ia tetap berpegang pada anggapan offside aslinya.

Namun beberapa saat kemudian dia berubah pikiran dan menghadiahkan gol tersebut, meskipun permainan telah dimulai kembali.

Hal ini memicu kegembiraan di antara sebagian besar penonton di Stadion Internasional Khalifa dan ada lebih banyak perayaan di Saudi beberapa saat kemudian ketika Evans meniup peluit akhir.

Sebelumnya, striker Buriram United Supachai mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-26 untuk membawa Thailand unggul atas Kyrgyzstan.

Dia mencetak gol keduanya dengan cara yang sama tepat setelah turun minum ketika bola kembali jatuh ke arahnya dengan gawang yang menganga.

Pertandingan berikutnya untuk Thailand adalah Oman pada hari Minggu, hari yang sama ketika Arab Saudi menghadapi Kyrgyzstan.

Juara bertahan Qatar kembali beraksi pada hari Rabu ketika mereka akan berusaha memastikan tempat mereka di babak 16 besar dengan kemenangan atas Tajikistan.

Pada pertandingan lain di Grup A, Tiongkok bermain melawan Lebanon.

Lebih baru Lebih lama