Jelang Laga Melawan Turkmenistan, Tiga Pemain Timnas U-23 Ikut Latihan Timnas Indonesia

Jelang Laga Melawan Turkmenistan, Tiga Pemain Timnas U-23 Ikut Latihan Timnas Indonesia

Sportsnews.id - Timnas (Timnas) Indonesia kedatangan tiga pemain tambahan dari timnas U-23 jelang matchday FIFA pada September 2023. Ketiga pemain Timnas Indonesia U-23 tersebut adalah Alfeandra Dewangga, Dzaky Asraf, dan Dony Tri Pamungkas.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia telah mengagendakan matchday FIFA melawan Turkmenistan pada Jumat, 8 September 2023 di Stadion Bung Tomo Surabaya. Sayangnya, beberapa pemain Garuda mengalami cedera menjelang pertandingan.

Misalnya saja Shayne Pattynama, Yance Sayuri, Dimas Drajad, dan Yakob Sayuri yang dipastikan absen dari timnas Indonesia pada laga melawan Turkmenistan. Untuk mengisi empat tempat tersebut, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memutuskan meminjamkan tiga pemain U-23 karena tim tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Solo.

TC Timnas U-23 Indonesia dilakukan sebagai persiapan menuju Kualifikasi Kejuaraan Asia U-23 2024. Timnas U-23 Indonesia yang tergabung dalam Grup K sekaligus tuan rumah baru akan bermain pada 9 September 2023.

Untuk itu, Shin Tae-yong pun memutuskan merekrut tiga pemain tim U-23 untuk awalnya membela timnas senior Indonesia. Barulah Dzaky, Dony, dan Dewangga kembali bersama timnas U-23 Indonesia.

Ketiga pemain tim U-23 tersebut kini tengah berlatih bersama seniornya di TC Timnas Indonesia yang berlangsung di Surabaya. Sesi latihan pada Selasa 5 September 2023 merupakan hari TC kedua timnas Indonesia.

Ke-24 pemain mengikuti sesi latihan di Thor Field di Surabaya pada Selasa malam. Latihan kali ini dipimpin oleh asisten pelatih Choi In-cheul, karena pelatih Shin Tae-yong sendirian memimpin latihan timnas U-23 Indonesia.

Pada latihan tersebut, ketiga pemain Timnas Indonesia U-23 langsung mengikuti sesi latihan untuk mempercepat proses adaptasi bersama pemain senior lainnya. Alfeandra Dewangga menjadi salah satu pemain yang bersemangat mendapat kesempatan bermain di timnas senior Indonesia.

Namun tak dipungkiri Dewangga juga merasa pasti akan merasa lelah nantinya karena harus menempuh perjalanan dari Solo ke Surabaya lalu kembali ke Solo. Ia pun berharap dapat menjaga kondisi fisiknya dengan mengonsumsi vitamin dan menjaga pola tidur.
“Alhamdulillah, saya tentu merasa sangat beruntung. Semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, kata Alfeandra Dewangga kepada awak media usai latihan, Rabu (9/6/2023).

“Kalau jalan-jalan kesana kemari (ke Surabaya saja pasti capek. Setelah pertandingan besok (melawan Turkmenistan) saya harus kembali bermain solo. Untuk mencegahnya, kita bisa mendapatkan vitamin dari dokter. Ditambah lagi, kita bisa menjaga pola tidur kita,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sesi latihan selama sembilan puluh menit di Thor Field Surabaya, para pemain mengasah kemampuan dan mematangkan strategi melawan para pemain Turkmenistan. Tujuan timnas Indonesia adalah memenangkan pertandingan di matchday FIFA untuk meningkatkan peringkat FIFA mereka.
Lebih baru Lebih lama