Alvaro Bautista Singkirkan Toprak Razgatlioglu Untuk Amankan Kemenangan di WSBK Mandalika 2023

Alvaro Bautista Singkirkan Toprak Razgatlioglu Untuk Amankan Kemenangan di WSBK Mandalika 2023

 

Sportsnews.id - Aruba. Pembalap Ducati Alvaro Bautista memastikan kemenangan beruntun pada putaran kedua World Superbike (WSBK) 2023 pada Minggu, 5 Maret 2023 di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah. Pembalap Spanyol itu tampil memukau di balapan kedua.

Meski sempat sial saat pemanasan di mana ia terjatuh di lap-lap terakhir, sang juara bertahan mampu mematahkan dominasi rekan setimnya Michael Ruben Rinaldi di dua lap terakhir sesi ini.

"Saya hanya berusaha tetap tenang menyalip para pembalap dan tidak berhenti," kata Bautista seperti dikutip laman sementara, Senin, 6 Maret 2023.

Bautista membuktikan bahwa dia bisa mengalahkan rasa sakit saat mengalami kecelakaan ringan saat pemanasan pagi dan menunjukkan mengapa dia masih layak menjadi pembalap paling kompetitif di WSBK musim 2023.

Kemenangan Race 2 ini menandai kemenangan kelima beruntun Bautista di musim 2023 menyusul penampilan gemilangnya di lap pertama WSBK di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Sementara itu, pebalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu tak kalah dramatisnya dengan berusaha melewati dua pebalap Ducati di depannya.

Setelah memimpin di awal lap, Toprak harus memuji konsistensi Bautista dan puas mempertahankan gelar kedua di sirkuit favoritnya mengingat dia adalah pemegang posisi terdepan untuk balapan itu.

“Ya, yang terpenting adalah kami terus menang. Ini bukan balapan yang mudah karena semua pembalap sangat kuat, terutama tim Ducati, mereka sangat kuat dan Bautista juga sangat cepat. Mereka perpaduan yang sempurna," kata Toprak.

Tak kalah mengejutkan, pebalap Honda Xavi Vierge meraih podium pertamanya tahun ini dengan finis ketiga di balapan kedua WSBK Mandalika 2023.

Tepat di belakangnya, Rinaldi mendominasi balapan kedua melalui kecepatan dan pemulihannya dari momen buruk pada Sabtu 4 Maret 2023. Sayangnya, kesalahan kecil di lap terakhir membuatnya disalip oleh Toprak dan Vierge dan tidak finis bersama rekan setimnya di podium.

“Saya bertarung dengan sekuat tenaga dalam balapan ini. Setelah awal musim yang sulit bagi kami, saya mencoba untuk tetap tenang dan membuat rencana dengan hati-hati sehingga saya dapat memanfaatkan peluang saya," kata Vierge.

Dalam hal waktu, Bautista mencatat waktu total 21:43.781 sementara Toprak dan Vierge berada tepat di belakangnya masing-masing +1.218 detik dan +3.050 detik.

Selain itu, Rinaldi berada +4.068 detik di belakang Andrea Locatelli (Pata Yamaha) dengan selisih waktu +5.838 detik dan Danilo Petrucci (Barni Spark Racing) dengan selisih waktu +5.838 detik.

Bautista terus memimpin klasemen pebalap dengan 112 poin, disusul Toprak dan Locatelli dengan masing-masing 75 dan 70 poin.

Ada juga Axel Bassani (Motocorsa Racing) dengan 51 poin, Rinaldi dengan 47 poin dan Jonathan Rea (Kawasaki Racing) dengan 44 poin. Putaran ketiga WSBK 2023 akan berlanjut di Belanda dalam waktu dekat.

Lebih baru Lebih lama