Brad Binder Sediah Tak Punya Balapan Kandang !

Brad Binder Sediah Tak Punya Balapan Kandang !

 

Sportsnews.id - Seperti diketahui, ada dua sirkuit di Afrika Selatan yang menjadi tuan rumah balapan Grand Prix sepeda motor, yakni Kyalami dan Welkom. Kyalami menjadi tuan rumah dari tahun 1983 hingga 1985 dan 1992, sedangkan Welkom menjadi tuan rumah dari tahun 1999 hingga 2004. Welkom juga menjadi tempat bersejarah kemenangan pertama Valentino Rossi bersama Yamaha pada tahun 2004.

Binder sendiri sudah membalap di Grand Prix sejak 2011 dan berkecimpung di MotoGP sejak 2020. Namun, ia belum pernah membalap secara profesional di Afrika Selatan karena berlaga di Red Bull Rookies Cup yang berbasis di Eropa pada 2009. Bahkan pesimis pun bisa balapan sendirian di depan penonton.

"Biaya menjadi tuan rumah balapan di luar Eropa gila. Namun, saya akan senang jika GP Afrika Selatan kembali ke kalender kami di masa depan. Saya ingin balapan di kandang sendiri! Yang membuat frustrasi adalah kami tidak memilikinya ." fasilitas yang diperlukan," kata Binder

Binder sempat melakukan aktivitas sponsorship dengan Red Bull di Sirkuit Kyalami pada pertengahan 2022 dan saat itu mengendarai motor RC16 yang pernah ditungganginya di MotoGP keliling lintasan. Ia mengaku kagum dengan fasilitas yang benar-benar berkelas dunia. Sayangnya MotoGP tidak bisa berlangsung.

“Kami punya Kyalami, treknya sangat bagus, treknya bagus. Infrastruktur memiliki semua yang Anda inginkan, termasuk kotak dan semuanya. Lintasannya lebih baik dari lintasan yang saat ini digunakan untuk balap GP. Lintasannya kurang lebih siap untuk Grand Prix," kata Juara Dunia Moto3 2016 itu.

Namun, Binder membeberkan kendala yang membuat MotoGP Afrika Selatan sulit dijalankan. "Mereka perlu memindahkan Tembok Kyalami lebih jauh ke belakang di sejumlah tempat sehingga ada cukup ruang jika terjadi kesalahan. Jika itu terwujud maka tidak ada yang menghalangi gelar GP Afrika Selatan," katanya.

“Namun, pemerintah kita saat ini tidak memiliki cukup uang untuk menyediakan listrik. Selama kita masih memiliki orang-orang yang kelaparan di negara kita, tidak ada yang mengharapkan banyak uang untuk diinvestasikan dalam acara-acara olahraga motor, meskipun saya ingin balapan di Grand Prix Kyalami, map tertutup.

Lebih baru Lebih lama