Gomes de Oliveira Sudah Siap Menjadi Warga Negara Indonesia !

Gomes de Oliveira Sudah Siap Menjadi Warga Negara Indonesia !

 

Sportsnews.id - Manajer Gresik United Gomes de Oliveira mengaku siap mengajukan permohonan kewarganegaraan Indonesia (WNI). Faktor keluarga menjadi alasan terkuat keinginannya.

Pemain asal Brasil itu hanya mendarat di negara asalnya sebagai pemain. Pada tahun 1994 ia berlabuh di Niac Mitra, kemudian lebih dikenal sebagai Mitra Surabaya.

“Saya berusia 29 tahun di Indonesia. Saya masih warga negara Brasil tetapi itu akan segera berubah. Saya pikir saya juga menjadi orang Indonesia. Saya sudah tinggal di Indonesia lebih lama dari Brazil, jadi saya lebih tipe orang Indonesia," bukanya di YouTube Pinggir Lapangan.

Manajer yang melatih Madura United itu mengaku akan sangat merindukan kehidupannya di Brasil. Termasuk orang tuanya yang tinggal di Rio de Janeiro.

“Karena istri dan anak saya sudah tinggal di sini. Tinggal, teman-teman juga sudah di sini selama hampir 30 tahun. Jika orang tua saya hilang, saya tidak akan melupakan itu. Saya pasti akan pergi ke sana sesekali untuk melihat mereka semua”, ditambahkan.

Kehidupan Gomes tidak bisa dipisahkan dari Indonesia, khususnya kota Surabaya. Di kota inilah ia bertemu dengan idolanya, Chris Sintya. Sepanjang jalan, mereka memiliki dua putra bernama Kevin Gomes dan Lorenzo Gomes.

Meski begitu, bukan berarti ada perintah dari istrinya untuk memintanya mengurus pindah kewarganegaraan. Baginya, keinginan ini muncul dari hatinya yang telah lama mencintai Indonesia.

"Tidak diperintahkan oleh istri saya. Ini keinginan saya sendiri, kesadaran saya sendiri. Memang keinginan ini sudah ada sejak lama. Tidak semudah itu tapi saya akan tetap di sini," katanya.

Jatuh Cinta dengan Indonesia

Hampir tiga dekade berada di negara lain, tentu bukan waktu yang singkat. Namun Gomes mengaku menikmati perjalanan hidupnya selama ini hingga sampai di posisinya sekarang.

"Saya suka semuanya terutama orang Indonesia. Mereka sangat ramah selama saya di sini. Saya diterima dengan baik. Di semua klub, saya dihormati. Itu alasan utama orang Indonesia selalu diterima dengan baik," jelasnya.

“Sebenarnya saya besar di kota Rio de Janeiro, tapi aslinya saya lahir dari kota kecil Goiania. Jadi saya tinggal di Surabaya sekarang, hampir sama dengan kota saya di Brazil dan nyaman di sini,” tambah pria 50 tahun itu. -pria tua.

Gomes menyadari bahwa mengajukan proses naturalisasi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun untungnya, ia memiliki banyak rekan yang telah melalui proses tersebut.

Beberapa pemain Brasil, seperti Fabiano Beltrame dan Alberto Goncalves, telah menyelesaikan transfer kewarganegaraan mereka. Ia pun tak segan menanyakan tata cara serta syarat dan ketentuan pengajuan permohonan.

“Saya sedang menuju proses naturalisasi. Saya sedang mencari cara untuk mendapatkannya. Ada beberapa pemain Brasil yang sudah menjadi warga negara Indonesia seperti Beto dan Fabiano. Jadi tentu saya juga bisa. Saya percaya di sini, hidup saya ada di Surabaya,” katanya.


Lebih baru Lebih lama