Yang Jarang Diketahui Orang Tentang Sambo, Dijelaskan Khabib

Yang Jarang Diketahui Orang Tentang Sambo, Dijelaskan Khabib

 Sportsnews.id - Sambo begitu efektif karena dapat melumpuhkan lawan dengan cepat. Khabib Nurmagomedov pernah memberikan sedikit informasi yang jarang diketahui orang tentang Sambo.

Sambo mulai mencuat pada tahun 2018, ketika akhirnya diresmikan sebagai ajang olahraga di Olimpiade. Sambo sebenarnya adalah seni bela diri khas Rusia yang pada awalnya digunakan oleh tentara dan kemudian berkembang menjadi olahraga tempur.

Dilansir dari Sweet Science of Fighting, sambo pada dasarnya adalah sejenis pertarungan bebas. Sambo adalah seni bela diri untuk pertarungan jarak dekat, tanpa senjata.

Pukulan, tendangan, hingga gulat adalah jurus-jurus Sambo. Tapi soal gulat, ada satu hal yang menarik!

Gulat di Sambo diyakini terinspirasi oleh judo. Namun di Sambo, seiring berjalannya waktu, permainan gulat yang dilakukan lebih mengarah ke kaki lawan.

Serangan gulat pada kaki lawan diikuti dengan mengunci kakinya, akan menyulitkan lawan untuk bergerak. Kemudian lanjutkan bergulat di posisi teratas, yang akan memberi Anda keuntungan di pertarungan bawah.

Meski dalam posisi terkunci, para pesilat Sambo akan tetap menggunakan kakinya. Khabib Nurmagomedov, mantan juara UFC, pernah menjelaskannya.

"Setiap lawan saya, termasuk yang akar bela diri BJJ, kebanyakan hanya menggunakan tangan. Ketika menghadapi saya, mereka melakukan kesalahan karena saya menggunakan kaki saya," jelasnya di saluran Youtube Bernardo Faria BJJ Fanatics.

Saat Khabib Nurmagomedov berada di atas lawan, kakinya langsung mengapit salah satu kaki lawan. Saat itulah lawan sulit bergerak.

"Saat lawan saya bergerak, saat itulah wajahnya tidak terlindungi. Saya bisa memukulnya dengan bebas," jelasnya.

Dari posisi mengapit kaki lawan, Khabib berpindah ke posisi mount alias seperti duduk di atas perut lawan.

Kedua kaki Khabib mengapit perut lawan, akan membuat lawan semakin sulit bergerak. Bahkan seperti yang terlihat, Khabib sedang menunggang kuda.

"Hanya dengan kaki dan pinggul saya, saya bisa mengendalikannya. Kaki saya bisa meremasnya dan membuatnya lebih sulit untuk bergerak. Bahkan jika dia mencoba mendekati saya, saya bisa melakukan banyak kuncian," jelasnya.

"Banyak lawan saya yang bilang, 'Khabib terasa lebih berat saat bergulat'. Padahal berat badan saya dan lawan saya sama lho," sambungnya.

"Ayah saya selalu mengajari saya menggunakan pinggul karena bagus untuk keseimbangan dan memberikan beban pada lawan dengan sempurna. Dia adalah pelatih judo dan sambo," tambahnya.

Khabib Nurmagomedov telah memenangkan kejuaraan sambo dunia dua kali. Petarung asal Dagestan, Rusia ini juga pernah menjadi juara kelas ringan UFC dengan rekor kemenangan fantastis di dunia MMA profesional, 29-0.

"Gulat Khabib ada di level yang berbeda, level yang lebih tinggi. Dia juga juara sambo, olahraga tarung yang tidak mudah," kata komentator UFC Joe Rogan.

Lebih baru Lebih lama